Jumat, 12 Juli 2019

Lelang Cepat Lemari Alokon BKKBN 2019 di Kabupaten Brebes Bermasalah !

Lemari Alokon BKKBN 2019 Buatan Pabrik merek DUPO Type DAK-102-KBN
Pengadaan lelang cepat lemari tempat penyimpanan alat dan obat kontrasepsi DAK Sub-Bidang KB Tahun Anggaran 2019 di Kabupaten Brebes bermasalah !

Hal ini dikarenakan cara proses lelang cepat yang dilakukan dengan mencari harga terendah tanpa melakukan survey harga yang layak dengan kualitas standard yang sudah ditetapkan berdasarkan Juknis DAK BKKBN 2019.

Para peserta lelang cepat berlomba-lomba menurunkan harga untuk memenangkan pengadaan lemari alokon BKKBN 2019 yang diadakan di LPSE Kabupaten Brebes tanpa memikirkan lagi persyaratan barang yang harus memiliki standard kualitas dan sudah dilakukan uji mutu dan kualitas di laboratorium standar uji nasional.

Masalah lainnya yang akan timbul adalah aftersale & service atau garansi yang pastinya rekanan pemenang tender harus bertanggung jawab sampai pada habisnya masa garansi yang sudah ditetapkan.

Permasalahan utama yang pernah timbul pada saat seminar BKKBN nasional di Jambi pada tahun 2017 banyak dinas di beberapa kabupaten yang mengeluhkan kualitas lemari yang rendah dan banyak yang cepat rusak dikarenakan barang tersebut banyak dibuat oleh bengkel las bubut dan cat duco home industri dan bukannya dibuat oleh pabrik yang sudah memiliki standard kualitas dan mutu serta memiliki sertifikat ISO.

Permasalahan seperti berita kejadian saat seminar di Jambi, kemungkinan besar bisa timbul kembali di pengadaan lelang cepat Kabupaten Brebes, dikarenakan bantingan harga dengan pemaksaan oleh peserta lelang yang tidak wajar tentunya patut kita pertanyakan mengenai kualitas dan mutu barang yang nanti akan disediakan oleh pemenang tender lelang cepat di Kabupaten Brebes.

Perhitungan berdasarkan logika yang diambil bersumber pada produsen dan distributor merek produk Lemari Alokon BKKBN 2019 merek DUPO type DAK-102-KBN yang sudah sesuai standard mutu dan kualitas, menyatakan bahwa barang yang akan disediakan dengan harga terakhir yang dimenangkan oleh salah satu peserta dengan bantingan serendah itu pasti ada bahan material dan standard yang dikurangi untuk menekan budget produksi sehingga pasti berdampak pada hasil barang yang diproduksi akan jauh dibawah standard yang pada umumnya diadakan di kabupaten, kota dan provinsi lainnya di Indonesia yang mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh BKKBN pusat.

Semoga apa yang dikhawatirkan ini tidak terjadi dan barang yang diproduksi dapat memenuhi standard kriteria yang sudah ditetapkan oleh Juknis DAK BKKBN 2019 dan bahan Stainless Steel yang digunakan adalah SS-201 dengan ketebalan 1mm, bukan Stainless Steel China yang tebalnya dibawah 1mm, warnanya gampang pudar dan apabila tergores tidak bisa hilang bekas goresannya walaupun sudah dipoles.

Demikian masukan dan saran ini kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan bagi panitia penyelenggara lelang tender di lpse maupun dinas-dinas di kabupaten, kota serta provinsi sebagai bahan pertimbangan dan ketelitian sebelum membeli barang agar barang yang dibeli terjamin kualitas dan mutunya.

Logo SKPD Kabupaten Brebes

0 komentar :

Posting Komentar